Kondisi Jogja Saat Ini…

Kondisi Jogja Saat Ini…

Kali ini Mas Jo ingin menyampaikan mengenai  kondisi Jogja saat ini 2014

1.    Mulai Macet

Jogja Mulai Macet

Salah satu kemacetan di Jogja

Kesan pertama yang paling sering Mas Jo dengar saat melayani  peserta tour adalah “Jogja macet juga yah…”. Kondisi Kota Jogja sekarang ini sudah mulai di padati banyak kendaraan, baik kendaraan pendatang yang menggunakan transportasi pribadi untuk berkunjung ke Jogja hingga kendaraan  para pelajar yang selalu membludak setiap tahunnya untuk datang menuntut ilmu. Meskipun Jogja mulai macet namun jalan2 aspal di Kota Jogja tetap terjaga dengan baik dan mulus. Baik itu di jalan raya hingga ke dalam gang2 kecil pun tetap mulus karena kesadaran warga Jogja yang peka dan cekatan melaporkan dan membenahi infrastruktur jalan yang rusak. Selain itu jiwa kegotong royongan warga Jogja terkait masalah lingkungan masih terasa kental (semoga selamanya seperti itu…). Kembali kepersoalan kemacetan di Jogja, tidak seperti pada saat pertama kali Mas Jo menginjakkan kaki di Kota Jogja di akhir tahun 90-an. Suasana kota Jogja masih lumayan plong dan hanya angkutan umum yang kadang membuat macet. Namun ada 2  tips cara menghindari macet di Jogja  yaitu memahami seluk beluk jalan tikus / potong. Yang kedua  berdoa agar hujan turun, di jamin kemacetan berkurang setidaknya 60% – 70%. Hehehe…  

2.    Tidak Meratanya Ruang Buat Para Pejalan Kaki

 

PKL di Trotoar Jogja

PKL di Jogja

Ruang buat para pejalan kaki lebih terpusat pada kawasan objek wisata saja seperti malioboro, beberapa kampus besar dan sekitarnya. Terlihat beberapa ruas trotoar di jalan Kota Jogja masih di penuhi oleh pedagang kaki lima yangk berjualan bahkan  terusik oleh keberadaan pohon hingga tiang reklame yang penempatannya kurang tepat. Sehinga mengurangi kenyamanan para pejalan kaki di Jogja. Hal ini masih menyerupai sejak pertama kali Mas Jo ke Jogja. Namun saat ini ruang gerak pejalan kaki jauh terasa lebih sempit  karena untuk berjalan di sisi trotoar / pinggir jalan pun terganggu oleh jumlah kendaraan yang semakin meningkat.

3.    Hari Bersepeda di Hari Jumat

hari bersepeda

Jogja Last Friday Ride

Salah satu program sehat dan cara untuk mengurangi polusi di Kota Jogja dengan memberlakukan hari bersepeda di setiap jumat akhir pekan.  Bagi Mas Jo ini merupakan hiburan tersendiri dimana para pesepeda yang di dominasi usia remaja dan sesekali terlihat orang tua serta turis asing yang turut serta meramaikan hari bersepeda di Jogja ini /Jogja Last Friday Ride. Berbagai jenis sepeda dengan modifikasi sedemikian rupa menjadi  tontonan tersendiri sambil berpapasan dengan iring2an para pesepada. Dan Saking panjangnya, tak jarang iring2an para pesepeda juga sering  membuat kemacetan. Ada yang protes ada juga yang legowo.  Namun diluar itu, Mas Jo berharap agar hari bersepeda bisa memberikan efek positifnya ke seluruh masyarakat, agar mengurangi pemakaian kendaraan yang mengkonsumsi bahan bakar  fosil dan lebih turut andil lagi dalam menggunakan transportasi sepeda dalam kegiatan sehari-hari terutama bagi para pelajar yang sedang menimba ilmu di Kota pelajar ini.

4.    Pembangunan gedung tinggi dimana2

pembangunan Hotel di jogja

pembangunan di jogja

Pembangunan gedung tinggi di Jogja saat ini tumbuh pesat. Terutama pembangunan Hotel dan Mall. Meskipun tak jarang menimbulkan konflik, namun secara keseluruhan ada sisi positif dan negatif yang diakibatkan pembangunan yang terkesan tanpa kontrol. Bagi Mas Jo yang terpenting jangan sampai pembangunan di Kota Jogja hanya mengejar sisi bisnisnya saja dan tanpa sadar nantinya menggeser nilai2 budaya yang menjadikan Jogja istimewa. Seperti umumnya kota2 dengan pembangunan yang modern terkadang membentuk perilaku masyarakat yang individualisme dan acuh tak acuh terhadap sesama. Padahal salah satu ke istimewaan Jogja bagi Mas Jo adalah masyarakat nya yang terkenal ramah, suka gotong royong, sering saling tegur sapa dan mudah bertukar senyum saat berpandangan. Ruarrr Biasa….

Sekian informasi mengenai  pengamatan Mas Jo mengenai kondisi Jogja saat ini. Dimana secara keseluruhan kondisi Jogja saat ini masih kondusif, aman dan nyaman sebagai tujuan wisata dengan objek wisatanya yang komplit… Salam wisata…

Sumber : Pengalaman Mas Jo dan bantuan Mbah Google

Semua objek wisata bisa menjadi pilihan trip anda melalui paket wisata jogja bersama kami.

Masjo Tour : Paket Wisata Jogja – Tour Jogja