Ullen Sentelu

Ullen Sentelu

Di Kaliurang, DIY, terdapat sebuah museum yang tersohor keindahannya. Museum Ullen Sentalu akan memperkaya pengetahuan Anda tentang seni dan budaya Jawa yang luhur. Museum dan koleksinya akan memikat Anda laksana magis.

lokasi-wisata-ullen-sentalu “Tak mungkin orang dapat mencintai negeri dan bangsanya, kalau orang tak mengenal kertas-kertas tentangnya. Kalau dia tak mengenal sejarahnya.” Begitulah kata sastrawan Pramoedya Ananta Toer dalam salah satu bukunya, Jejak Langkah. Pram benar, nasionalisme bisa tumbuh ketika kita mengetahui sejarah juga budaya yang menjadi identitas bangsa. Inilah mengapa museum jadi salah satu tempat yang tak boleh Anda lewatkan, apalagi jika tengah berlibur di Yogyakarta.

ullen-sentalu-2Nama Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa: “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang artinya adalah “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Filsafah ini diambil dari sebuah lampu minyak yang dipergunakan dalam pertunjukkan wayang kulit (blencong) yang merupakan cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup kita.

Museum Ullen Sentalu adalah sebuah museum yang menawarkan keunikan perpaduan kebudayaan Jawa dan keindahan alam kaki pegunungan Merapi. Anda diajak untuk memasuki lorong waktu, menjelajahi ruang dan waktu dari masa klasik hingga masa kini. Di sana Anda akan melihat kehidupan empat kerajaan Mataram melalui koleksi syair, filosofi batik vorstendlanden, serta berbagai foto dan lukisan. Museum ini juga menampilkan tokoh raja-raja (Sultan) di keraton Yogyakarta beserta permaisurinya dengan berbagai macam pakaian yang dikenakan sehari-harinya.

img_20120302161513_4f508fa107725Anda akan mendapati bahwa keluarga kraton memang berpendidikan dan berselera tinggi, namun mereka tetap mengedepankan keharmonisan kebudayaan Jawa. Ullen Sentalu berupaya agar Anda sebagai generasi masa kini yang modern juga menghargai kebudayaan Jawa. Walau kebudayaan Jawa adalah kebudayaan yang kompleks, Ullen Sentalu mengajak Anda untuk menjaga identitas kultural dengan cara Anda masing-masing.

Museum Ullen Sentalu terletak di kawasan Kaliurang, Sleman, yang didirikan pada tanggal 1 Maret 1997. Museum ini awalnya untuk menyelamatkan karya-karya batik kuno yang banyak diburu oleh kolektor asing.

ullen-sentaluUsaha sebuah keluarga yang dibesarkan di tengah lingkungan batik dan tekstil ini mendapat dukungan dari empat kraton dinastiMataram: Sri Paduka Paku Alam VIII, Sunan Paku Buwono XII, Gusti Kanjeng Ratu Alit, KGPH Poeger, dan GRAY Nurul Kusumawardhani. Mereka juga sekaligus ikut memberikan benda-bendanya dari kain batik, assesoris, foto, naskah, dan lain-lain untuk dijadikan koleksi museum.

museum-ullen-sentaluMuseum ini mempunyai dua bangunan utama, yaitu Guwa Selo Giri (bangunan bawah tanah), dan Kampung Kambang. Kampung Kambang sendiri masih terbagi menjadi lima bagian, yaitu Balai Sekar Kedaton, Pendapa Pengantin Gaya Yogya, Ruang Batik Yogyakarta-Surakarta, Ruang Batik Pesisiran, dan Ruang Putri dambaan, Di bangunan inilah tersimpan berbagai koleksi kain batik, kebaya, naskah, foto, lukisan dan sebagainya.

Museum Ullen Sentalu mengelola kegiatan seperti workshop seni budaya Mataram, termasuk etiket, norma, ide, karya lukis, arsitektur indis-jawa, wisata budaya, outbond, pameran, dan sebagainya.

Jam Buka:
08.30 – 16.00 WIB. Buka tiap hari dari Selasa sampai Minggu. Senin tutup.  

Sumber : Mbah Google, Gudeg.net, dan teman sejatinya

Semua objek wisata bisa menjadi pilihan trip anda melalui paket wisata jogja bersama kami.

Masjo Tour : Paket Wisata Jogja – Tour Jogja