Dinner dan Nongkrong Asyik ala Jogja

Tempat Nongkrong Asyik di Malam hari Spesial Jogja

Romantis itu Jogja.  Di Kota seniman ini berbagai tempat menarik bisa dikunjungi meski di malam hari hingga larut malam. Seperti kota besar lainnya berbagai tempat kafe dan yang paling fenomenal saat ini legend cafe, hingga berbagai angkringan yang merupakan jajanan makanan dan minuman seperti angkringan kopi Joss yang paling terkenal bisa juga menjadi pilihan untuk bersantai di malam hari sekaligus dinner. Namun kali ini Mas Jo merekomendasikan 7 lokasi asyik rasa Jogja

Angkringan Tugu

Tugu JogjaLokasi Tugu Jogja. Selain lokasinya yg ramai dan asyik untuk berjalan kaki, juga terdapat  beberapa angkringan di pinggir jalan salah satunya angkringan yang paling di cari saat ke Jogja, yaitu  Angkringan Gareng Petruk. Angkringan Gareng Petruk ini mulai menjajakan sajian khas berselera, orang duduk bersila, musisi jalanan mulai beraksi ( Persis lagu Katon Bagaskara, 🙂 ) dari selepas sore hingga menjelang malam hari sampai habis. Dulunya kita bisa menikmati angkringan Gareng  Petruk hingga jam 12 malam, namun semakin terkenalnya angkringan ini, membuat jajanannya terkadang sebelum jam 10 sudah habis.

DSCF7987Tugu Jogja selain merupakan kawasan jalan raya, dikawasan ini berdiri banyak hotel yang menjadikan lokasi ini selalu  ramai 24 jam. Dan dengan spot spesial di lokasi ini adalah berfoto di Tugu Jogja yang merupakan salah satu ikon Kota Jogja. Kalau lagi beruntung anda juga akan menemukan berbagai kreasi berupa patung atau gambar dari para seniman kota Jogja yang dipamerkan di sepanjang kawasan tugu atau jalan mangkubumi ini.

Alun2 Kidul Jogja

Alun2 kidul merupakan halaman belakang dari keraton jogja dan terletak di selatan/kidul Keraton. Dulunya lokasi ini digunakan untuk acara-acara tertentu seperti latihan ketangkasan prajurit keraton, dan berbagai kegiatan latihan digelar seperti :

  • Setonan : ketangkasan berkuda.
  • Manahan : lomba memanah dengan posisi duduk bersila.
  • Rampok Macan : lomba adu harimau.
  • Masangin : Latihan konsentrasi dengan berjalan diantara dua pohon beringin (ringin kurung) yang berada di tengah Alkid dengan mata tertutup.

night at alun alunSaat ini sudah tidak ada prajurit yang melakukan latiihan ketangkasan di tempat tersebut. Area yang terbuka dan berfungsi sebagai ruang publik dan arena hiburan untuk masyarakat. Setiap hari, tempat ini banyak didatangi oleh masyarakat dari berbagai usia. Tempat ini juga merupakan salah satu objek wisata yang mengundang rasa penasaran bagi orang yang mencobanya. Cukup dengan menutup mata, kita di tantang untuk melewati 2 pohon besar. Permainan itu menurut cerita berawal dari sebuah cerita / mitos. Menurut cerita masyarakat setempat, dulu pada masa kerajaan Sultan Hamengkubuwono I ada seorang putri yang cantik rupawan. Alun2 kidulKecantikannya begitu terkenal, banyak pemuda yang jatuh hati dan ingin melamarnya. Namun tidak mudah untuk menaklukkan hati sang putri, ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu pemuda yang melamarnya harus dapat melewati celah pohon beringin kembar dengan mata tertutup. Konon, menurut Sultan orang yang dapat melewati celah beringin tersebut adalah seseorang yang mempunyai hati bersih dan tulus. Banyak yang mencoba, tetapi tidak ada yang berhasil, kecuali anak Prabu Siliwangi yang akhirnya menjadi suami sang putri. Selain itu, tempat ini pernah dijadikan sebagai pertahanan gaib untuk mengecoh pasukan Belanda yang ingin menyerang keraton agar mereka kehilangan arah.

Dan dengan adanya mitos / cerita tersebut ditambah mitos hanya orang yang berhati bersih yang bisa melewati celah diatara pohon beringin tersebut menambah daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya. Selain permainan masangin, kita juga bisa mencoba naik sepeda atau becak yang sudah dihiasi lampu LED warna warni yang berada di alun alun kidul. Tentunya hanya pada malam hari, becak / sepeda lampu itu tersedia. Setelah lelah mencoba permainan masangin dan mengayuh becak, kita bisa menikmati makanan yang telah ditawarkan disekeliling alun2.

Raminten

raminten-3The House of Raminten sendiri berdiri pada tgl 26  Desember  2008 dan bertempat di jl.FM Noto no.7 Kotabaru Yogyakarta. Dengan keahlian seorang Hamzah HS.  akhirnya The House of Raminten di bentuk dengan konsep yang “unique, antique, elegant” didalamnya. Dibilang unik karena walaupun The House of Raminten merupakan suatu kafe jamu tradisional tapi juga tidak ketinggalan dengan adanya unsur – unsur modern didalamnya ini dapat dilihat dari penampilan para waiter yang memakai perpaduan antara jarik dan rompi hitam dan juga bukan hanya keunikan penampilan dari para waiternya saja, The House of Raminten juga menampilkan keunikan lainnya dengan penyuguhan peralatan makan dan minum yang bisa dibilang sangat unik sekali dan tentu satu hal lainnya yang tidak kalah penting adalah begitu tamu masuk ke dalam raminten maka tamu akan disuguhkan dengan alunan musik gamelan yang tentunya merupakan ciri khas dari Yogyakarta sendiri. Selain keunikan keunikan diatas, masih banyak lagi keunikan yang ada di The House Of Raminten, misalkan para waiter akan memesan makanan dan minuman dengan menggunakan alat komunikasi berupa “ HT “ didepan para tamu. the-house-of-raminten-jogjaSetelah memesan makanan dan minuman, para tamu dapat duduk santai lesehan dengan menggunakan kursi khas dari jepang yang disebut “ tatami “.  Jadi disini Hamzah HS ingin mengangkat citra suatu angkringan dalam bentuk dan nuansa yang sangat berbeda. Traditional elegant. Nasi kucing seharga Rp. 1.000,-  tapi dengan cita rasa tinggi dan penampilan yang elegant. Raminten sendiri buka 24 jam dengan nonstop music gamelan. Selain music gamelan ada suguhan lain berupa tontonan dari beberapa LCD tv kabel yg terpampang di beberapa tempat. Dan bila malam tiba akan diterangi oleh gemerlap lampu yang berwarna warni. Selain itu pengunjung wisata kuliner juga bisa berfoto di depan Kereta Kencana, karena dipintu masuk ada 3 Kereta kencana yang sangat indah. Banyak keunikan keunikan yang akan anda dapatkan di The House Of Raminten, terutama menu dari makanan dan minumannya.

Secret Garden

Secret_garden_2Salah satu cofee shop yang menarik di Jogja adalah Secret Garden. Terletak di Barat Malioboro, jam operasional secret garden mulai jam 05.00-12.00 PM. Yang unik dari tempat ini adalah konsep taman terbuka yang dihiasi berbagai lampu menjadikan malam lebih romantis.

Taman Pelangi

Taman lampion2Dari Tugu Jogja sekitar 3km ke utara, tepatnya di perempatan ringroad utara – monjali. Terdapat sebuah museum sejarah perjuangan jogja yang buka pada pagi hingga sore hari. Dan menjelang malam berganti menjadi lokasi yang mengagumkan dengan hiasan pernak pernik lampu dan lampion, serta puluhan wahana permainan seperti Kora2, Bom2 Car dll. Hingga stand makanan yang juga tersaji di Taman Pelangi. Taman Pelangi atau Taman Lampion Jogja ini awalnya hanya dibuka hanya untuk even-even tertentu yang sifatnya sementara saja atau untuk acara tertentu yang tidak setiap hari buka dan sifatnya tidak permanen. Tetapi lama kelamaan tempat ini dibuat secara permanen dan diresmikan pada grand opening tanggal 17 Desember 2011.

Bukit Bintang

185036_bintang5Lokasi Bukit Bintang berada di Timur Kota Jogja, di sebuah perbukitan yang juga merupakan akses jalan menuju ke kota wonosari gunung kidul yang juga menyimpan banyak lokasi wisata seperti Goa Pindul hingga berbagai pantai. Berada di perbukitan ini, kita bisa menyaksikan bintang2 di langit Yogya. Mungkin itulah mengapa dinamakan Bukit Bintang . Selain menyajikan pemandangan kota Jogja, lokasi ini juga sering di jadikan tempat melihat sunset. Dilengkapi berbagai warung di sepanjang Bukit Bintang tempat ini merupakan lokasi yang romantis untuk menikmati malam hingga pagi menjelang.

Abhayagiri Resto
paket-honeymoon-jogjaLokasi terakhir yang bisa dijadikan opsi untuk dinner sekaligus menikmati malam di kota Jogja adalah Resto Abhayagiri. Abhayagiri Restaurant berada lebih kurang 30 kilometer ke timur dari pusat kota Yogyakarta atau selatan /Depan Candi Prambanan. Tepatnya Abhayagiri Restaurant terletak di desa Sumberwatu, Prambanan. Tempat ini menyajikan menu makanan yang terbilang lumayan mahal untuk ukuran Jogja yang notabene nya adalah pelajar. Namun sesekali mengunjungi Resto ini sekaligus untuk menikmati view nya patut dicoba.   Pemandangan menarik  yang bisa anda lihat adalah Gunung Merapi, Candi Prambanan dan Sojiwan bisa anda nikmati dari siang hari hingga malam hari jam 10.00 PM.

Masih banyak lokasi lainnya yang menarik untuk disinggahi di Kota Pelajar ini, seperti berbagai kafe dan angkringan lain yang tersebar. So… Let’s travelling in Jogja.

Sumber : Eyang Google, diri sendiri dan teman bermain di google home

Masjo Tour : Paket Wisata Jogja – Tour Jogja